Program

Biogas Rumah (BIRU)

Program Biogas Rumah (BIRU)

Program Biogas Rumah (BIRU) adalah sebuah program multi pihak yang diinisiasi oleh HIVOS bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan kemudian diimplementasikan oleh Rumah Energi. Program BIRU bertujuan untuk memberikan akses energi terbarukan berupa biogas kepada masyarakat Indonesia.

Program BIRU yang berjalan sejak 2009 telah menjangkau 13 provinsi di Indonesia, yaitu Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Program BIRU pada awalnya dikelola atas kerja sama Hivos dan Rumah Energi, dan mulai tahun 2012 pengelolaan program ini diserahkan sepenuhnya kepada Rumah Energi

Provinsi Jumlah Digester
Bali 1.314
Banten 25
DIY 2.401
DKI Jakarta & Jawa Barat 1.657
Jawa Tengah 1.510
Jawa Timur 8.274
Kalimantan Tengah 1
Lampung 560
Sulawesi Selatan 2.732
Sulawesi Tengah 21
NTB 5.154
NTT 1.120
Total 24.769

Kunjungi website Program BIRU di www.biru.or.id

Hingga saat ini, program BIRU telah bekerja sama dengan lebih dari 140 partner (CV, LSM, Koperasi atau Usaha Bersama Masyarakat) dan berhasil memberikan akses lebih dari 115.000 penerima manfaat yang tersebar di 13 provinsi di Indonesia.

Melalui implementasi program BIRU, Rumah Energi telah membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa energi bersih sangat efektif untuk meningkatkan (i) kualitas hidup masyarakat, (ii) ketahanan pangan dari akses pada pupuk organik yang bermutu tinggi, (iii) pertumbuhan ekonomi dalam pengolahan limbah. Pencapaian target adopsi teknologi biogas akan menjadi contoh peta jalan yang akan diadaptasi oleh Rumah Energi untuk mendorong sektor-sektor energi bersih lainnya dan climate-smart agriculture (CSA).

Copyright 2019 Rumah Energi. All rights reserved.