TERANG

Program TERANG (The Investing in Renewable Energy for Rural, Remote Communities)

Program TERANG dilaksanakan berdasarkan pada kesuksesan program Sumba Iconic Island (SII) dan Biogas Rumah (BIRU). Program TERANG dirancang untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi emisi GHG melalui solusi energi terbarukan dengan pendekatan gender. Hasil nyata dari program ini akan meningkatkan kapasitas dan investasi energi terbarukan, serta peningkatan pemanfaatannya di daerah pedesaan serta terpencil di Indonesia. Melalui penggunaan model bisnis yang sudah teruji dengan menggabungkan masukan dari para pengguna, pemerintah, dan sektor swasta. Program ini diharapkan dapat membangun kemandirian keuangan dan entitas energi terbarukan dengan multi-aktor dalam menyediakan pelayanan penjualan dan pengiriman.

Komitmen Program TERANG mendukung integrasi penerapan energi terbarukan oleh komunitas, serta pelayanan dan kesempatan investasi di setiap daerah. Diharapkan juga pelaksaan program dapat memberikan stimulasi terhadap ekonomi lokal, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan hasil panen, melindungi sumber daya alam, dan meningkatkan permintaan akan energi terbarukan. Hal ini dilakukan melalui penyediaan akses terhadap energi terbarukan beserta kegiatan-kegiatan pelatihan dan peluang menggunakan energi yang bersih secara produktif.

Program TERANG juga mengedepankan pengarusutamaan gender dalam proses perencanaan dan penganggaran pengelolaan energi terbarukan oleh masyarakat. Fokus terhadap hubungan antara aktivitas perempuan terhadap akses energi terbarukan, yang bertujuan memperbaiki status sosial dan ekonomi perempuan, serta menangani isu-isu keadilan sosial.

Sampai dengan saat ini, Program TERANG telah dilaksanakan di tiga provinsi, antara lain NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan.