Proyek Duckweed

Di bawah program GADING, Rumah Energi berkontribusi untuk mendukung pengembangan tenaga kerja dengan membangun kapasitas, termasuk hubungan dengan pasar, sekitar kegiatan ekonomi inovatif rendah karbon terkait dengan penggunaan bio-slurry dan Lemna Lemna (sejenis bebek yang biasa digunakan)

Di bawah program GADING, Rumah Energi berkontribusi untuk mendukung pengembangan tenaga kerja dengan membangun kapasitas, termasuk hubungan dengan pasar, sekitar kegiatan ekonomi inovatif rendah karbon terkait dengan penggunaan bio-slurry dan Lemna (sejenis bebek yang biasa digunakan). Duckweed dapat memainkan peran penting dalam pengembangan sistem pertanian terpadu, yang mengarah pada nutrisi yang lebih baik bagi manusia dan hewan, pengurangan emisi CO2 dan produksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Duckweed, bersama dengan biodigester, sangat penting untuk peternakan terintegrasi skala kecil karena mereka menyediakan protein esensial dalam pakan unggas dan ternak, protein yang kekurangan dedak padi produk utama yang diberikan untuk unggas dan ternak di peternakan kecil ini. Pakan ayam formulasi tersedia, tetapi biayanya mungkin berlebihan bagi peternak kecil dengan pendapatan terbatas. Duckweed dapat mengganti hingga sepertiga dari kebutuhan pakan unggas dan ini berarti penghematan yang signifikan bagi pemilik rumah. Duckweed dapat dibuahi dengan pupuk kandang atau dengan limbah yang diolah dari biodigester. Menggabungkan praktik peternakan unggas dan ternak, pencernaan, peternakan itik dan berkebun sayur akan memberikan penghematan yang signifikan bagi pemilik rumah kecil baik dalam makanan dan biogas untuk memasak, menurunkan kebutuhan untuk pembelian gas dalam botol.

Gagasan utamanya adalah memberdayakan 2.400 anggota tenaga kerja (termasuk ≥800 perempuan) mengadopsi dan memiliki keterampilan untuk pertanian terpadu dan sistem pengelolaan limbah berdasarkan pada penggunaan bio-digester yang dioptimalkan dan Lemna (duckweed) bergizi tinggi sebagai pakan ternak dan pupuk organik.

Hasil penelitian tentang pertanian berkelanjutan dan pengurangan GRK tersedia untuk berkontribusi pada keterampilan petani serta bagi para pelaku di lingkungan yang mendukung, termasuk sektor pendidikan. Kegiatan utama di sini adalah studi tentang kandungan nutrisi itik, mengoptimalkan penggunaan itik dan menghitung karbon yang diserap dalam tanah, serta podcast untuk menyebarkan pengetahuan yang baru dihasilkan.

Peta Operasi Proyek Duckweed

Yayasan Rumah Energi 2020