Program AIP-PRISMA

Hivos Asia Tenggara telah mengimplementasikan proyek Making Markets Work for the Poor (M4P) atas nama Kemitraan Australia-Indonesia yang didanai DFAT untuk Mempromosikan Penghasilan Pedesaan melalui Dukungan untuk Program Pasar dalam Pertanian (AIP-PRISMA).

Dukungan untuk Pasar dalam Pertanian (AIP-PRISMA) Program Pemeliharaan Babi Komersial di Nusa Tenggara Timur (Sumba)

Hivos Asia Tenggara telah mengimplementasikan proyek Making Markets Work for the Poor (M4P) atas nama Kemitraan Australia-Indonesia yang didanai DFAT untuk Mempromosikan Penghasilan Pedesaan melalui Dukungan untuk Program Pasar dalam Pertanian (AIP-PRISMA). Proyek yang berjudul “Pemeliharaan Babi Komersial di Nusa Tenggara Timur”, dilaksanakan di Flores dalam kemitraan dengan entitas sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, dan petani individu.

Tujuan dari program ini adalah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peternakan babi komersial untuk meningkatkan mata pencaharian dan pendapatan masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur, terutama di Pulau Sumba. Program ini dilaksanakan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan peternakan babi yang lebih menguntungkan melalui peternakan hewan, penjualan hewan ternak, peningkatan kapasitas pemasok pakan ternak, dan membantu peternak sapi untuk mengakses fasilitas pinjaman di lembaga keuangan.

Diimplementasikan dengan menekankan beberapa kendala pada partisipasi petani yang efisien di pasar, yaitu: memfasilitasi akses petani ke keuangan; meningkatkan kecepatan di mana babi dapat ditingkatkan melalui pengenalan breed babi yang lebih baik; mendorong pengembangan penyedia layanan untuk pakan ternak, layanan penyuluhan, agregasi komersial dan pemrosesan; dan mengembangkan potensi ritel, grosir dan ekspor di NTT.

Setelah tiga tahun menerapkan program biogas di Sumba, Rumah Energi melalui mitranya telah mencapai komunitas petani di empat kabupaten Sumba serta menjalin hubungan yang baik dengan mitra lokal dan pemerintah. Dengan keterampilan dan pengalaman ini, Rumah Energi dipilih untuk mengimplementasikan proyek M4P di NTT (Sumba).

Yayasan Rumah Energi 2020