Program Biogas Lampung

Program yang dilaksanakan di provinsi Lampung ini bertujuan untuk menguatkan upaya Program Biru dalam membangun sektor biogas berbasis pasar, dengan fokus kepada pengembangan model business di UKM biogas. Pendampingan dilakukan untuk mengembangkan UKM biogas dari segi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, jaringan kerja dan visi misi lembaga.

Sejak 2012, Yayasan Rumah Energi, diberi mandat untuk melanjutkan program IDBP / BIRU, untuk memastikan kepemilikan lokal terhadap proyek dan keberlanjutan pengembangan sektor biogas di Indonesia. Lampung yang berlokasi di Sumatera Selatan adalah satu-satunya provinsi di Sumatera yang dijangkau oleh IDBP yang memiliki prospek pertanian yang menjanjikan. 60 IDBP bermitra dengan dukungan dari Kedutaan Besar NZ, Lampung adalah provinsi pertama yang diimplementasikan untuk melakukan program inkubasi bisnis. Pembinaan dan pendampingan dilakukan oleh mentor yang dipilih dari universitas atau organisasi masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengembangkan sektor biogas berbasis pasar yang berkelanjutan melalui pengembangan kapasitas untuk 5 mitra pembangun biogas lokal yang ada untuk menjadi entitas bisnis independen dalam bisnis terkait biogas dan bio-slurry dan dapat memenuhi permintaan pasar di provinsi Lampung.

Penerima manfaat langsung dari program ini adalah 50 orang (manajer, pengawas dan tukang batu) dari 5 mitra pembangun biogas yang ada yang menjadi pelaku bisnis biogas yang kuat untuk memperluas dan mempertahankan sektor biogas dan bisnis terkait bio-slurry di provinsi Lampung dan 10 lulusan baru universitas lokal (man dan perempuan) yang menjadi pelatih / mentor bisnis untuk membantu mitra konstruksi biogas lokal sebagai bagian dari Tim Pusat Pengembangan Bisnis Biogas.

Peta Operasi Program Biogas di Lampung

Yayasan Rumah Energi 2020