GADING

Program GADING

Gathering and Dissemination of Information and Green Knowledge for a Sustainable Integrated Farming Workforce in Indonesia

Program GADING mengarahkan pada pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan memperkenalkan pendekatan pertanian terintegrasi dan pengembangan pertanian organik untuk pembangunan berkelanjutan, hal ini dilakukan dengan meningkatkan nilai guna bio-slurry.

Program ini tidak hanya ditujukan untuk sumber daya manusia di bidang pertanian (pelaku, praktisi atau tenaga pengajar), tetapi juga badan-badan pemerintah terkait. Pelaksanaan program berperan dalam mitigasi perubahan iklim dengan mengoptimalkan limbah sebagai energi terbarukan dan diperuntukkan untuk pertanian terintegrasi.

Kontribusi program ini secara langsung dan tidak langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan, salah satunya dengan memperkenalkan Lemna sp. (duckweed) sebagai tanaman yang potensial dan menguntungkan. Lemna sp. saat ini diterapkan sebagai pakan ternak untuk menghasilkan tumbuh kembang ternak yang lebih sehat. Riset terkait potensi Lemna sp. dan bio-slurry sebagai elemen dalam pertanian terintegrasi telah dilaksanakan dengan mengajak kerja sama beberapa universitas di beberapa wilayah pelaksana Program GADING seperti Jawa Barat, NTT, NTB, dan Yogyakarta.