Home Program Energi Terbarukan

Energi Terbarukan

Rumah Energi telah memberikan akses energi terbarukan dan ketahanan pangan untuk masyarakat Indonesia sejak 2012 dengan menjadi lembaga masyarakat sipil non-profit yang fokus mengembangkan dan menyebarluaskan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan pengolahan limbah organik menjadi sumber energi terbarukan

Setelah berabad-abad menggunakan bahan bakar fosil untuk pengadaan energi, perspektif global mulai berubah kepada sumber energi terbarukan yang dianggap sebagai salah satu faktor kunci dari strategi pembangunan masyarakat di masa depan. Rumah Energi telah memiliki pengalaman dalam memberikan akses energi terbarukan kepada masyarakat Indonesia.

Rumah Energi mengimplementasikan program-program terkait energi terbarukan sebagai energi listrik dan gas dengan pemanfaatan limbah organik dan sumber daya alam terbarukan. Serangkaian program yang telah digeluti oleh Rumah Energi adalah memberikan akses listrik kepada masyarakat NTT menggunakan solar photovoltaic (Solar PV), akses gas melalui biogas rumah (BIRU) untuk memasak, dan akses air melalui instalasi Solar PV pada pompa air di wilayah NTB, membuktikan upaya Rumah Energi yang terus menerusĀ  untuk mencapai akses ke energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua (SDGs 7).

Salah satu program unggulan Rumah Energi untuk energi terbarukan adalah program Biogas Rumah (BIRU) dalam pengolahan limbah organik untuk pengadaan energi bersih dalam bentuk gas.

Peta Operasi Program Energi Terbarukan

Proyek

Program BIRU
Program BIRU adalah inisiatif Hivos dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan dilaksanakan oleh
Program Desa Mandiri Energi Lampung Tengah
Pertamina Dorong Pengembangan Energi Terbarukan melalui Program Energi Berdikari
Program GADING
GADING menangani pengembangan tenaga kerja dengan membangun kapasitas berbasis penelitian
Program TERANG
Melalui Program TERANG, Rumah Energi mendorong terbangunnya 2.221 unit biogas rumah di NTB
Yayasan Rumah Energi 2021