GADING

Program GADING (Gathering and dissemination of information and green knowledge for a sustainable integrated farming workforce in Indonesia)

Program GADING mengarahkan pada pengembangan dan peningkatan kapasitas tenaga kerja berbasis pada penelitian untuk pembangunan berkelanjutan dengan memperkenalkan pendekatan pertanian campuran dalam rangka mengoptimalkan sumber daya, kebijakan, sosio-kultural dan ekonomi lokal.

Program GADING tidak hanya bertujuan untuk merangkul tenaga kerja di bidang pertanian, tetapi juga melakukan penyebaran pengetahuan dan keterampilan kepada para praktisi, tenaga pengajar di bidang pertanian, dan badan pemerintah, dengan menyediakan kerangka kerja pembangunan ekonomi melalui peningkatan pengetahuan pada kegiatan-kegiatan ekonomi lokal yang selama ini sudah berjalan.

Kontribusi program ini secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada kesejahteraan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan dengan memperkenalkan Lemna sebagai tanaman yang potensial dan menguntungkan. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menerapkan pemberian Lemna pada siklus pakan ternak untuk menghasilkan tumbuh kembang hewan ternak yang lebih cepat dan sehat, dan mengembangkan keterampilan di bidang pertanian organik.

Melalui Program GADING para peternak dapat didorong untuk meningkatkan nilai guna bio-slurry yang didukung oleh keuangan mikro, selain itu pelaksanaan program akan berperan dalam mitigasi perubahan iklim dengan mengoptimalkan limbah sebagai energi terbarukan dan diperuntukkan untuk pertanian campuran.
 
Konsorsium Program GADING dipimpin oleh HiVos, anggota lainnya termasuk Yayasan Rumah Energi dan Wageningen University & Research Center (WUR). Konsorsium ini sedang dalam proses kesepakatan untuk Perjanjian Teknis dengan institusi pendidikan di empat provinsi, antara lain LPPM, UNPAD (Jawa Barat), Fakultas Pertanian Politeknik Kupang (NTT), UNRAM (NTB), dan INSTIPER (Yogyakarta). Program GADING telah dilaksanakan di empat provinsi yaitu NTB, NTT, DIY dan Jawa Barat.