Home Program Pertanian Adaptasi Iklim Water Harvesting Tank & Drip Irrigation

Proyek Water Harvesting Tank & Drip Irrigation

Penduduk desa Salut, NTB menghadapi persoalan kelangkaan air terutama saat musim kemarau. Hal ini berdampak pada pola tanam para petani di sana, terlebih dengan mata pencaharian utama adalah dengan bertani.

Penduduk desa Salut, NTB menghadapi persoalan kelangkaan air terutama saat musim kemarau. Hal ini berdampak pada pola tanam para petani di sana, terlebih dengan mata pencaharian utama adalah dengan bertani. Oleh karena itu, Rumah Energi melalui inovasi pertanian adaptasi iklim atau climate-smart agriculture (CSA) membuat sebuah terobosan untuk dapat membantu para petani beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Proyek pembuatan tangki penampung air permanen atau biasa disebut dengan Water Harvesting Tank dan Irigasi Tetes (drip irrigation project), berjalan di bawah program ASA-Lombok, merupakan solusi efektif untuk mengatasi masalah kekeringan di desa Salut. Water Harvesting Tank berkapasitas 10.000 liter dimanfaatkan tiap kepala keluarga untuk kebutuhan sanitasi dan mengairi 142 unit biogas. Sedangkan metode irigasi tetes digunakan 25 petani yaitu dengan cara melubangi botol air mineral bekas sebesar lubang jarum sehingga membuat bio-slurry cair lebih mudah meresap ke dalam tanah.

Yayasan Rumah Energi 2020