Home Solusi Riset, Pengembangan, dan Implementasi Produk

Riset, Pengembangan, dan Implementasi Produk

Energi baru terbarukan yang dihasilkan oleh Rumah Energi tidak lepas dari pengembangan teknologi serta penyesuaian penggunanya untuk memanfaatkan teknologi serta produk dengan optimal.

Bertujuan untuk mendukung penyebaran energi berkelanjutan di penjuru Indonesia serta mengurangi potensi pencemaran lingkungan, pengembangan secara berkala dilakukan Rumah Energi melalui biogas dengan pengolahan sisa organiknya. Namun, ternyata tidak hanya sisa organik dari dapur atau kegiatan beternak saja yang dapat menjadi energi baru terbarukan, pada tahun 2019 Rumah Energi mulai mendalami potensi minyak jelantah untuk dijadikan biodiesel serta produk fungsional lainnya.

Pengembangan berkaitan dengan program Biogas Rumah (BIRU) dengan inovasi baru, yaitu Biogas Mini Rumahan (BIOMIRU). Pengembangan ini dilakukan untuk menjawab tantangan keterbatasan lahan ataupun jumlah dari bahan baku biogas yang akan diolah. Pada material sumber energi yang lain, minyak jelantah dari rumah tangga atau produsen makanan dapat dijadikan sebagai bahan bakar biodiesel serta bahan untuk pembuatan sabun dan lilin.

Rumah Energi mengembangkan instalasi biogas yang ukurannya lebih ramah dengan luas lahan yang terbatas, yaitu Biogas Mini Rumahan (BIOMIRU).

Biogas mini rumahan (BIOMIRU) adalah inovasi produk terbaru dari Rumah Energi untuk kaum urban sebagai solusi pengolahan limbah sampah rumah tangga menjadi energi. BIOMIRU memanfaatkan gas metana yang dilepaskan oleh limbah organik saat proses penguraian sebagai biogas untuk memasak.

Dengan prinsip dari dapur kembali ke dapur, Rumah Energi memperkenalkan BIOMIRU sebagai sebuah sistem daur ulang limbah organik rumah tangga menjadi biogas yang mampu menggantikan peran gas LPG yang semakin mahal setiap harinya. Selain itu, dengan hasil ampas BIOMIRU yang berupa pupuk alami (bio-slurry) yang dimanfaatkan untuk pertanian urban atau urban farming.

Dengan kehadiran BIOMIRU, tidak hanya peternak yang dapat merasakan keuntungan biogas, masyarakat perkotaan yang memiliki area terbatas pun dapat memilah sampahnya dari rumah sendiri dengan memakai BIOMIRU untuk memasak dengan memanfaatkan sisa organik dapur atau kebunnya.

Yayasan Rumah Energi 2020