Home Program Energi Terbarukan Kolaborasi Terintegrasi menuju Kabupaten Rendah Karbon

Kolaborasi Terintegrasi menuju Kabupaten Rendah Karbon

Bersama dengan 11 kabupaten lainnya di Indonesia, Kabupaten Gorontalo berkolaborasi bersama dalam wadah Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) untuk mewujudkan pertanian yang terintegrasi, berkelanjutan dan menjaga pelestarian lingkungan.

LTKL bersama dengan Yayasan Rumah Energi melakukan uji coba untuk mengimplementasikan skema ekonomi lestari dengan biogas sebagai basis penggeraknya dengan tema “Perekonomian Lestari Berbasis Masyarakat” yang diharapkan dapat menunjang dan memberikan akselerasi untuk menghubungkan potensi peternakan, pertanian, dan perkebunan dalam sebuah sistem perekonomian sirkuler yang rendah karbon. Bersama dengan Pemkab Gorontalo yang diwakili oleh BAPPEDA Kabupaten, dilakukan uji coba 8 unit digester biogas berkapasitas 4 m3 yang dibangun di tiga kecamatan: Boliyohuto, Bongomeme, serta Tibawa. Uji coba ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk memperkenalkan pertanian dan perkebunan berbasis biogas kepada masyarakat, menciptakan figur-figur yang akan menjadi tokoh sentral dalam menyebarluaskan informasi tersebut, serta mendalami kesiapan serta tantangan di masyarakat dalam menerima program jangka panjang.

Instalasi biogas juga memberikan manfaat pupuk alami atau bio-slurry yang diterima oleh para penerima manfaat dalam memberikan solusi kelangkaan pupuk yang dirasakan oleh para petani di daerah tersebut. Dengan instalasi biogas penerima manfaat dapat memanfaatkan langsung bio-slurry untuk pertanian mereka.

Yayasan Rumah Energi 2022