Home Program Energi Terbarukan Sistem Sensor Biogas (Smart Biogas)

Sistem Sensor Biogas (Smart Biogas)

YRE telah melakukan inovasi untuk mempermudah kegiatan monitoring dan koleksi data secara real-time dengan instalasi sistem sensor biogas. Sistem sensor biogas dapat memonitor seperti jika adanya kebocoran, gas yang tidak berjalan lancar, kadar penggunaan harian pengguna, dan pengumpulan gas. Untuk pengadaan sensor biogas, YRE telah bekerja sama dengan Connected Energy sebagai mitra.

Sistem sensor biogas terdiri dari satu Smart Meter yang bisa mendukung satu atau dua buah sensor (sensor statis maupun aliran). Sensor tersebut terhubung dengan sebuah Venturi melalui pipa gas kecil yang memungkinkan dilakukan pembacaan yang diambil dari jalur gas. Smart Meter mengirimkan informasi ke dalam web dimana datanya kemudian dapat dianalisa.

Dengan menggunakan solar PV sebagai sumber energi untuk sensor, maka tidak diperlukannya listrik untuk sensor ini. Selain itu, data monitoring sensor bisa langsung dilihat di website yang dapat diakses di https://app.smartbiogas.io untuk kemudian membuat sebuah akun agar dapat melakukan login.

Yayasan Rumah Energi 2021