BIOMIRU: Energi Bersih dari Dapurmu

Olah limbah jadi berkah merupakan moto dari program BIRU yang memproyeksikan kegiatan pengolahan limbah organik dari kotoran ternak untuk dapat diolah menjadi energi sehingga dapat mencukupi kebutuhan memasak rumah tangga setiap hari.

Biogas Mini Rumahan (BIOMIRU), sebuah tangki digester berbahan dasar Poly Ethylene (PE) – toren air sebagai penghasil biogas dari kotoran hewan dan material organik lainnya.

Apa itu BIOMIRU?

Biogas mini rumahan (BIOMIRU) adalah inovasi produk terbaru dari Rumah Energi untuk kaum urban sebagai solusi pengolahan limbah sampah rumah tangga menjadi energi. BIOMIRU memanfaatkan gas metana yang dilepaskan oleh limbah organik saat proses penguraian sebagai biogas untuk memasak.

Dengan prinsip dari dapur kembali ke dapur, Rumah Energi memperkenalkan BIOMIRU sebagai sebuah sistem daur ulang limbah organik rumah tangga menjadi biogas yang mampu menggantikan peran gas LPG yang semakin mahal setiap harinya. Selain itu, dengan hasil ampas BIOMIRU yang berupa pupuk alami (bio-slurry) yang dimanfaatkan untuk pertanian urban atau urban farming.

Hebatnya BIOMIRU

  1. Pengolahan limbah organik dari dapur sendiri. Dengan BIOMIRU, limbah organik dari dapurmu terolah dan tidak menyumbang gas emisi di atmosfer.
  2. Ekonomis dan investasi jangka panjang. Dengan BIOMIRU sekali bayar untuk seterusnya. Serta penambahan pendapatan dari penghematan atau pemanfaatan biogas dan bio-slurry.
  3. Penghematan untuk pengeluaran gas LPG. Dengan memakai BIOMIRU penghematan gas LPG hingga 12 kg per bulannya.
  4. Pemanfaatan pupuk organic (bio-slurry). Untuk membuat lahan lebih subur, tanaman sehat dan panen melimpah. Manfaatkan bio-slurry juga untuk kegiatan bercocok tanam di rumah.
  5. Dapur lebih bersih dan sehat serta bebas asap yang mengganggu kesehatan.

Spesifikasi BIOMIRU

  • Luas lahan untuk pembangunan Biomiru: 2m2 – 6m2
  • Bahan: tandon air berbahan poly ethylene (PE) dan pipa pvc
  • Kapasitas digester: 650lt, 1.000lt, 2.000lt
Kapasitas (liter) Output Gas (liter) Durasi Memasak (menit)
650 200 ± 30
1.000 400 ± 60
2.000 600 ± 90

Pembiayaan BIOMIRU

Rumah Energi telah bekerja sama dengan micro-finance institution dan koperasi-koperasi dalam pengadaan pembiayaan kepada petani dan peternak yang ingin membangun BIOMIRU.

Hingga saat ini, Rumah Energi telah bekerja sama dengan 55 koperasi dan 3 micro-finance institution (Rabobank Foundation, KIVA, dan Bank Syariah Mandiri).

Hubungi kami

Jika ingin menginstal BIOMIRU, silahkan menghubungi mitra pembangun kami atau Construction Partner Organization (CPO) Pembangun Biomiru yang sudah tersertifikasi, sesuai dengan daerah masing-masing:

  • Jabodetabek : (CP: Wahyudi 085959868789)
  • Jawa Tengah : Mitra Sarana Energi (CP: Suyono 087839841973)
  • D.I. Yogyakarta : Rumah Ilham (CP: Paulo 081290744118)
  • Lampung : Regol Mason Group (CP: Irpan 085383030501)
  • NTB : Sangkareang mason Group (CP: Sophan Sofyan 081805777811)
24 Januari 2020