Bantuan Pencegahan Covid-19

14 Mei 2020

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masih berjuang dalam penanganan pandemi virus Covid-19 di mana pengaruh dan penyebarannya sangat cepat, luas, dan berbahaya. Hingga saat ini tercatat hingga 10 Mei 2020, sebanyak 14.023 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Tentunya Indonesia bukan satu-satunya negara yang sedang berjuang, terbukti sudah ada 212 negara yang sudah melaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) dampak penyebaran Covid-19 ini, dimana yang sudah terpapar (data per 11 Mei 2020, Worldometers.info) berjumlah 4.181.307 orang, sembuh 1.493.534 orang, dan meninggal 283.878 orang.

Dengan penyebaran yang sangat cepat dan berdampak besar kepada berbagai sektor, urgensi penanganan pandemi ini begitu tinggi. Khusus untuk di Indonesia Langkah-langkah yang diambil antara lain:

  • Menghimbau agar warganya tinggal di rumah untuk mengurangi kontak dengan orang lain,
  • Mengharuskan warganya untuk mengurangi aktivitas yang melibatkan orang banyak,
  • Kemudian jika keluar rumah kalau ada kebutuhan maka harus memakai masker, sarung tangan, dan ketika kembali kerumah harus cuci tangan pakai sabun dan air,
  • Selalu jarak jarak dengan orang lain jika berada di luar rumah. Semua perlengkapan yang berkaitan dengan pengurangan resiko dari Covid-19 ini dinamakan Alat Pelindung Diri (APD), oleh Kemenkes RI dan WHO yang diperbolehkan untuk digunakan adalah harus memenuhi standart kesehatan bagi pemakainya.

Sebagai bentuk solidaritas dan penanganan penyebaran pandemic virus Covid-19, Yayasan Rumah Energi (Rumah Energi) telah memberikan bantuan kepada mitra, penerima manfaat, dan lingkungan sekitar kantor kami di kelima provinsi, yaitu Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan. Sasaran penerima bantuan, yaitu:

  1. Staff dari Yayasan Rumah Energi (YRE)
  2. Mitra YRE yaitu CPO (Tukang & Supervisor)
  3. Pengguna biogas di lokasi binaan Program BIRU
  4. Stakeholder-Stakeholder yang bermitra dengan YRE
  5. Kantor/Lembaga Sosial/Kesehatan yang belum atau memiliki fasilitas APD yang terbatas.

Bantuan yang Rumah Energi berikan berbentuk alat perlindungan diri (APD) dan perlengkapan kebersihan:

  1. Hand sanitizer: 48 botol
  2. Masker kain: 645 lembar
  3. Sarung tangan: 75 pasang
  4. Sabun cuci tangan: 100 botol

Untuk wilayah Sulawesi Selatan, Rumah Energi melalui mitra di ketiga kabupaten, yaitu Bulukumba, Pinrang, dan Wajo, telah memberdayakan masyarakat setempat dalam pembuatan masker. Khususnya melibatkan penjahit setempat dengan menggunakan kain yang ketebalannya dapat mencegah penularan virus tersebut. Setidaknya, 2 orang penjahit pria dan 5 orang penjahit wanita dilibatkan dalam pembuatan masker tersebut. Rumah Energi berharap dengan bantuan ini dapat memberikan kontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Indonesia.