KSPPS Al-Roudloh Bantu Anggota dengan Pinjaman dari LPDB-KUMKM

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah “Al-Roudloh”, atau biasa disingkat dengan KSPPS Al-Roudloh juga berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman dengan perantara Yayasan Rumah Energi (YRE). Koperasi yang beralamat di Jl. Raya Todanan – Tegalrejo Km. 06 Dk. Manggir Ds. Ngumbul Kec. Todanan Kab. Blora dengan 2 kantor cabang di kabupaten Blora ini memiliki anggota aktif sebanyak 7.193 jiwa dengan total aset Rp. 28.591.261.233,13.

Pada sekitar bulan Juni 2021, perwakilan YRE menghubungi Bapak Suratno selaku Ketua Pengurus KSPPS Al-Roudloh untuk menawarkan pinjaman dari LPDB-KUMKM, yang bisa disalurkan kepada anggota sebagai modal usaha produktif seperti perdagangan, pertanian, peternakan, dan pengembangan biogas. KSPPS Al-Roudloh saat ini memiliki 1 kantor pusat 2 cabang dengan banyaknya anggota yang memiliki usaha produktif dari sektor tersebut sehingga dinilai sesuai dengan kriteria.

Pada akhir September 2021, KSPSS Al-Roudloh berhasil mendapatkan pinjaman dari LPDB-KUMKM. Anggota yang memiliki usaha di sektor perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, dan biogas dapat mengajukan pinjaman dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh KSPPS Al-Roudloh. Apabila syarat pinjaman sudah lengkap, maka tim kredit akan melalukan survei kepada anggota yang mengajukan pinjaman sesuai dengan jenis usahanya.

Apabila disetujui, maka pinjaman dapat diberikan dengan ketentuan membayar bagi hasil  sebesar 1,2% – 1,5%  yang dibayar pada saat angsuran pinjaman atau pelunasan pinjaman. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pinjaman tersebut adalah sekitar 3-5 hari. Pinjaman yang sudah diberikan digunakan untuk menambah modal usaha. Pinjaman LPDB-KUMKM ditujukan hanya untuk pengembangan usaha produktif dalam bentuk pembelian  barang atau alat untuk usaha.

“YRE membantu KSPPS AL-Roudloh dengan dikenalkan pada LPDB-KUMKM dalam pengembangan usaha produktif anggota. Anggota lebih fleksibel dalam mengatur jangka waktu pengembalian pinjaman, serta bunga yang diberikan lebih murah. LPDB-KUMKM memberikan peluang usaha para anggota KSPPS Al-Roudloh untuk lebih maju dalam usahanya.” Pak Suratno menjelaskan.

31 Desember 2021