Program Akselerator Ketahanan Iklim Asia Pasifik oleh Miller Center

Selama 6 bulan terakhir, Yayasan Rumah Energi (YRE) bersemangat aktif mengikuti “Climate Resilience Asia Pacific Accelerator Program”, program akselerasi dan pendampingan bisnis yang didanai oleh Chevron dan dilaksanakan oleh GSB yang diselenggarakan oleh GSBI Miller Center for Social Entrepeneurship. Program ini bertujuan untuk mendorong pendekatan inovatif, menggali solusi potensial yang berdampak terhadap pembangunan ekonomi, terutama untuk berkembang di kawasan Asia Pasifik.

Program ini ditujukan kepada entitas non profit, profit maupun hybrid yang memiliki visi besar pada penanganan ketimpangan sosial melalui kewirausahaan di bidang energi, air dan Climate-Smart Agriculture.  Dalam program ini, YRE terlibat bersama peserta dari 6 negara Asia Pasifik lain yaitu India, Bangladesh, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Rumah Energi melalui sayap bisnis usahanya berencana mengembangkan model bisnis bio-slurry di wilayah Jawa Timur dengan melibatkan para koperasi sebagai supplier. Melalui Climate Resilience Asia Pacific Accelerator Program, YRE membedah ulang model keuangan dan model bisnis, mengembangkan dengan lebih matang hingga tahap perluasan dan kesiapan melibatkan investor, dengan dibimbing oleh GSBI Miller Center for Social Entrepeneurship. Dari model bisnis yang dikembangkan, diharapkan akan berdampak pada penambahan pendapatan hingga total USD 504.000 per tahun bagi 4.000 pengguna biogas, dan mengurangi emisi karbon sebesar 18.750 tCO2e dari 3.000 unit per tahun biodigester baru yang terbangun hingga tahun 2026.

31 Desember 2021