Program Pengembangan Pasar Pupuk Organik Berkelanjutan Kelompok Petani Kakao

Pertanian Berkelanjutan

Sejak Oktober 2021, Yayasan Rumah Energi (YRE) didukung oleh Mondelez International Cocoa Life, menginisiasi program baru di Lampung. Program yang diberi nama Sustainable Cacao Farmers and Organic Fertilizer Market Program (SCORE Program) ini berusaha melakukan inkubasi bisnis melalui pengembangan Pasar Pupuk Organik Berkelanjutan di Kelompok Petani Kakao di wilayah Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pringsewu, Lampung. Target dari program ini adalah memperkuat rantai pasokan dan nilai bisnis kompos, mengembangkan ekosistem pendukung untuk pasar pengomposan, serta memperkuat kapasitas wirausaha para kelompok petani untuk mengembangkan bisnis pengomposan yang berkelanjutan.

Program ini menyasar kepada kelompok tani yang terdaftar sebagai binaan Cocoa Life. Mereka akan didampingi secara intensif selama dua tahun untuk dapat mengembangkan usaha dan pasar pupuk organik berkelanjutan. Resiliensi petani kakao ditargetkan dapat terbangun dari penciptaan pasar dan usaha komposting terutama bio-slurry. Implementasi program yang telah dilakukan diantaranya adalah kegiatan survei dan perkenalan kepada calon kelompok petani binaan, sosialisasi pengenalan SCORE program dan penilaian kebutuhan calon penerima manfaat, serta pelatihan penyegaran teknis pengomposan dan pengenalan bio-slurry.

Selain itu, telah diselenggarakan pula rangkaian lokakarya kewirausahaan dengan peserta yang terdiri dari kelompok tani dari Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu. Melalui kegiatan lokakarya tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman ulang terkait kewirausahaan dan inisiatif pengembangan usaha, juga dapat menumbuhkan motivasi kelompok tani kakao yang belum memiliki usaha untuk memulai merintis usahanya, terutama terkait usaha komposting. Di samping itu, dalam rangkaian lokakarya tersebut disampaikan pula materi terkait validasi ide bisnis, model bisnis kanvas dan perencanaan bisnis

27 Juni 2022