Pelajar SMAN 28 Jakarta Belajar Biogas di Bogor

Sabtu (21 Januari 2023) pagi, 7 orang siswa-siswi dari SMA Negeri 28 Jakarta mengunjungi instalasi biogas rumah (BIRU) yang ada di Kabupaten Bogor. Instalasi biogas ini tepatnya merupakan milik Ketua Kelompok yang berada di Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang. Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas yang diberikan sekolah pada mata pelajaran fisika dengan tema konversi energi.

Georgio dan kawan-kawannya yang merupakan siswa kelas X di SMA Negeri 28 tersebut melihat secara langsung bagaimana kotoran ternak yang berasal dari sapi perah yang ada kemudian dicampur dengan air kemudian terfermentasi dan menjadi biogas untuk memasak di dapur.

Mereka kemudian mempraktikkan secara langsung tata cara pengisian kotoran ternak ke dalam digester agar dapat diubah menjadi biogas yang dapat digunakan untuk memasak. Proses ini mengubah bahan organic menjadi biogas ini pada dasarnya juga merupakan terapan dari ilmu kimia dan biologi, dimana kondisi tanpa oksigen (anaerob), kesesuaian pH serta rasio karbon dengan nitrogen diperlukan agar bakteri dapat mengurai senyawa organic dalam kotoran ternak menjadi biogas.

Mereka juga melihat bagaimana konsep manometer diterapkan sebagai alat pengukur tekanan yang praktis untuk mengukur tekanan dan ketersediaan gas. Selain itu, digester biogas yang digunakan dalam program BIRU merupakan aplikasi dari konsep bejana berhubungan (communicating vessel) dan hidrostatika yang ada dalam mata pelajaran tersebut.

Selanjutnya mereka membuat replika sederhana dari digester biogas tersebut menggunakan botol plastik dan balon untuk mempraktikkan secara langsung dari proses konversi energi yang terjadi dalam digester biogas.

Plastisin digunakan untuk membantu menjaga system yang kedap agar terjadi proses anaerobic dan gas yang dihasilkan akan ditampung pada balon yang terhubung dengan pipa.

Ditulis oleh: Jihan Ahmad
Disunting oleh: Fauzan Ramadhan

30 Januari 2023