Home Program Pertanian Adaptasi Iklim

Pertanian Adaptasi Iklim

Selaras dengan visi Rumah Energi untuk menciptakan masyarakat berdaya lenting dalam energi dan pangan, Rumah Energi turut andil dalam memberikan nilai tambah pada sektor climate-smart agriculture (CSA) atau pertanian adaptasi iklim.

Sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dalam sektor pertanian, Rumah Energi mendukung masyarakat dalam peningkatan produktivitas komoditas, peningkatan resiliensi komunitas, serta pengurangan gas rumah kaca melalui inovasi teknologi tepat guna.

Rumah Energi turut meningkatan pengetahuan sumber daya manusia di bidang pertanian (pelaku, praktisi, tenaga pengajar, dan badan-badan pemerintah terkait) serta memperkenalkan teknologi penampungan air hujan yang dilengkapi dengan pompa hidrolik di masyarakat desa Salut, Lombok, sebagai pendukung sistem irigasi untuk tanaman pangan di kemarau panjang. Bio-slurry, ampas endapan padat dan cair biogas rumah (BIRU) yang dikenal sebagai brown gold oleh FAO, dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami yang menjaga struktur tanah serta meningkatkan kesuburan tanaman. Bio-slurry juga dapat dijadikan campuran pakan ternak dan pupuk akuakultur.

Peta Operasi Program Pertanian Adaptasi Iklim

Proyek

ASA-Lombok
Program ASA-Lombok (ICCTF) dilaksanakan di Desa Salut di Kabupaten Lombok Utara NTB...
Proyek Duckweed
Di bawah program GADING, Rumah Energi berkontribusi untuk mendukung pengembangan tenaga kerja
Proyek Soil Sampling
Hivos mendukung pengembangan metodologi penghitungan karbon Climate Smart Agriculture (CSA)
Water Harvesting Tank & Drip Irrigation
Proyek pembuatan tangki penampung air permanen atau biasa disebut dengan Water Harvesting Tank
Yayasan Rumah Energi 2020