Momentum Pandemi bagi UMKM Slametharjo

Dari awal tahun 2019 lalu, Indonesia dan negara-negara di dunia terdampak dari pandemi virus Covid-19. Hampir semua sektor dan aspek terdampak dikarenakan adanya pembatasan mobilitas dan kegiatan sosial. Namun, tentunya di balik situasi pandemi terdapat momentum yang tepat bagi produsen herbal. Herbalis Sumber Rezeki (HSR) merupakan kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Slametharjo, Kecamatan Moilong, Kabupaten Luwuk-Banggai, Sulawesi Tengah yang sedang merintis usaha di bidang ramuan herbal. HSR Slametharjo juga termasuk penerima manfaat dari Pengembangan Kawasan Ekonomi Produktif melalui Konservasi Energi dan Pertanian Berkelanjutan atas kerja sama antara Yayasan Rumah Energi dan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi.

Momentum Pandemi Covid-19 menjadi salah satu pemicu kelompok UMKM yang terdiri dari ibu-ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Karang Taruna ini memfokuskan usaha di bidang ramuan herbal. Faktor yang tak kalah krusial dari terbentuknya kelompok UMKM ini adalah tekad yang kuat untuk memajukan desa mereka melalui produk herbal ini.

Berbekal pelatihan yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Energi pada akhir 2020 lalu, kini kelompok yang dikenal dengan HSR Slametharjo ini membuat beberapa varian ramuan herbal, diantaranya: sari kunyit, sari kunyit putih, sari jahe, sari temulawak, sari kencur, sari komplit, virgin coconut oil, dan sari mengkudu yang memiliki khasiat masing-masing. Untuk bahan bakunya mereka hasilkan sendiri dengan cara menanam tanaman rimpang secara kolektif.

Sedangkan untuk strategi pemasaran HSR Slametharjo memasarkannya secara online dan konvensional. Mereka memiliki facebook page sebagai platform untuk berjualan secara online, dan secara konvensional mereka berjualan di beberapa pasar tradisional dan juga menjajakan dari rumah ke rumah. Tak hanya itu, mereka juga berniat untuk melakukan ekspansi pemasaran ke pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Bukan sekedar memasarkan produk-produknya, mereka juga aktif memberikan edukasi terkait khasiat dari mengonsumsi ramuan herbal terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit di masa pandemi seperti saat ini.

18 Januari 2021