Wisata Edukasi dengan Biogas untuk Masa Depan Generasi Mendatang

Selain terlibat dalam mendukung keberlanjutan dalam skala domestik, biogas juga menjadi teknologi yang mendidik generasi penerus tentang keberlanjutan. Hal tersebut dapat ditemukan di salah satu destinasi wisata edukasi COWINDO di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tepatnya berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar di lereng pegunungan Wilis, Desa Tugu.

COWINDO didirikan pada tahun 2018 dan biogas dikembangkan pada tahun 2020. Biogas diharapkan dapat menggambarkan teknologi bioenergi yang terjangkau dan berkelanjutan bagi wisatawan. Apalagi dengan populasi peternak di Jawa Timur yang terbesar di Indonesia. Selain itu, COWINDO memiliki peternakan sapi yang juga memberikan demonstrasi praktis tentang bagaimana biogas dapat diproses dari kotoran ternak dan bagaimana skema ini dapat memberikan skema ekonomi melingkar skala rumah tangga.

“Kehadiran Biogas Rumah di COWINDO dapat menjadi wisata edukasi bagi anak-anak usia sekolah sebagai wahana belajar tentang energi terbarukan,” ujar Pak Warto selaku Manajer Wisata Edukasi COWINDO.

Dengan tiket masuk Rp 10.000, wisatawan bisa mendapatkan tambahan satu botol susu yang diproduksi oleh COWINDO sendiri. Paket edukasi tersebut meliputi produksi peternakan, pemerahan sapi, proses pakan ternak, dan biogas. Harga paket pendidikan bervariasi mulai dari Rp40.000 hingga Rp60.000 dengan minimal pengajuan 20 orang.

31 Mei 2021