Investasi Menuju Transisi Energi

Insight, perusahaan manajemen investasi, bekerja sama dengan Yayasan Rumah Energi (YRE) untuk memberikan akses energi bersih memasak kepada 10 rumah tangga dalam bentuk pembangunan 10 (sepuluh) unit reaktor biogas dengan model konstruksi polyetilena (PE) atau biasa dikenal dengan Biogas Mini Rumahan (BioMiRu) di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Kerja sama ini tidak hanya berorientasi membangun konstruksi reaktor biogas, tetapi juga membangun pemahaman kepada pengguna tentang manfaat dari biogas secara keseluruhan dalam menciptakan skema ekonomi sirkular skala rumah tangga. Hal ini menjadi prinsip utama program bagaimana agar reaktor biogas selalu bermanfaat dan berkelanjutan. Hal ini berjalan selaras dengan nilai-nilai yang Insight miliki untuk memberikan dampak sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Mulai dari didirikan pada tahun 2003, PT Insight Investments Management telah mengaplikasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam model bisnisnya. Sebagai perusahaan manajer investasi yang beriringan dengan para investor individual maupun institusi, Insight ingin menunjukkan bahwa dalam mengelola dana investor dengan mengedepankan prinsip socially responsible investing serta turut mendukung tercapainya 17 Target Pembangunan Berkelanjutan dapat memberikan dampak sosial kepada masyarakat Indonesia. Komitmen dalam menjalankan prinsip tersebut telah dituangkan di dalam tagline Insight, yaitu Transforming Investments into Social Impact.

Insight mengerti bahwa suatu bisnis tidak akan bertahan tanpa lingkungan yang berkelanjutan. Secara menyeluruh, Insight telah mengelola lebih dari 50 produk reksa dana dengan tema dampak sosial yang berbeda-beda, yaitu pendidikan, sosial, lingkungan, dan keagamaan. Produk-produk tersebut dapat dipilih sesuai dengan tujuan investasi dan sosial investor. Dalam menjalankan Program Peduli, Insight telah merangkul mitra-mitra yang memiliki keahlian dalam tema yang diusung termasuk salah satunya adalah dengan YRE.

Dari biaya manajemen yang dibebankan dari setiap investasi, Insight menyisihkan profit perusahaan untuk Program Peduli dalam memberikan dampak yang positif dari bisnis yang dijalankan. Hal ini membuktikan bahwa bisnis tidak selalu bertentangan dengan keberlanjutan, namun dapat berjalan secara harmonis berdampingan.

31 Desember 2021