Puan Inspiratif Batch 2

Setelah berhasil dengan program-program inkubasi wirausaha sosial seperti program Biogas RESCO, Pro-Women dan Puan Inspiratif Batch 1, Yayasan Rumah Energi (YRE) ingin terus memberikan dampak lebih terhadap pelaku wirausaha yang turut mengembangkan perekonomian Indonesia terutama perempuan. Dengan mengaplikasikan kesetaraan gender dalam organisasi dan di luar organisasi, YRE memberdayakan perempuan wirausaha yang memiliki peran penting di perekonomian dan keluarga.

Dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, YRE melakukan kegiatan Puan Inspiratif Batch 2 dengan memberikan pelatihan intensif untuk para perempuan wirausaha. Materi dari pelatihan ini meliputi pengarusutamaan gender, pengelolaan keuangan, bisnis, dan pemasaran digital yang dapat bermanfaat untuk para partisipan dalam menjalani bisnisnya untuk bertahan terutama di masa pandemi ini.

Untuk materi pengarustamaan Gender memakai metode GALS yang difasilitasi oleh Ibu Kristin dari Trukajaya, sedangkan materi pengelolaan bisnis keuangan, fotografi dan pemasaran digital difasilitasi oleh Bapak Edward dan Kak Defia dari Increase Bandung.

Dalam kegiatan ini ada kurang lebih 14 peserta yang  secara aktif mengikuti pelatihan selama 5 hari secara penuh, dengan latar belakang peserta yang sangat beragam seperti membuat  aneka craft dari kain perca, limbah plastik, fashion, beras organik, aneka olahan keripik, jasa penjualan produk dan beberapa lembaga seperti Malang Gleerrr, Jawahir, Biyung indonesia juga tergabung dalam pelatihan ini.

Walaupun secara latar belakang dari semua peserta ini sangat beragam, nyatanya dalam proses pelatihan yang dilakukan dengan metode online tetap menarik bagi peserta dan setiap peserta aktif terllibat. Metode pelatihan program ini dilakukan dengan mengunakan metode  partisipatif dengan berlatih dan praktik, sehingga peserta tidak bosan meskipun dilakukan dalam 5 hari. Selain materi diberikan dalam kelas, fasilitator juga aktif di luar kelas dalam melakukan diskusi dengan peserta.

Hal yang menarik lainnya adalah meskipun pelatihan sudah selesai beberapa peserta masih melakukan konsultasi dari materi yang diberikan oleh fasilitator, hal ini menunjukan bahwa materi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peserta, seperti diungkap oleh salah satu peserta, Westiani Agustin: “Sudah selesai konsultasi Business Plan nya bersama Pak Edwar dan mbak Debora! Terimakasih banyak ya pak Edwar! Membuka pikiran dan tambah semangat UMKM super mikro.”

Selain materi pengelolaan keuangan dan bisnis yang dirasakan manfaatnya oleh peserta, materi pengarusutamaan gender juga merupakan hal yang cukup menarik bagi peserta, beberapa peserta merefleksikan dari kondisi domestik dan lingkungan dengan masih adanya ketimpangan peran dan semakin bertambah pengetahuannya terkait hal ini.

31 Desember 2021