Sosialisasi Program HATI Kalimalang di Festival Gebyar Mer-DESA

Yayasan Rumah Energi (YRE) berkesempatan menjadi pengisi acara dalam kegiatan Festival Gebyar Mer-DESA yang diselenggarakan oleh Patriot Desa Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, YRE yang diwakili oleh Jihan Ahmad Assyabani memaparkan terkait program “Melihat, Berbagi, dan Bekerja untuk Kalimalang” atau HATI Kalimalang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas air di Saluran Tarum Barat atau Kalimalang melalui pendekatan advokasi dan dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan.

Pada acara yang dihadiri oleh perwakilan desa-desa se-Kabupaten Bekasi tersebut, penyampaian mengenai program Hati Kalimalang ini bertujuan untuk mensosialisasikan program kepada para peserta yang hadir terutama aparatur desa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama yang bertempat tinggal di sekitar Kalimalang untuk turut serta menjaga dan berperan dalam mencegah pencemaran khususnya di Kalimalang, mengingat peran Kalimalang yang sangat vital sebagai penyuplai air baku warga Bekasi dan Jakarta, termasuk untuk kebutuhan industri badan usaha yang bergantung pada Kalimalang. Harapannya, sosialisasi ini bisa membuka pintu kolaborasi baru khususnya dengan pemerintahan Desa, agar simpul sinergitas kolaborasi ini semakin solid dan relevan mendorong peningkatan kualitas air Kalimalang.

Acara ini menyajikan talkshow dan sesi tanya-jawab dari berbagai pemangku kepentingan seperti Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, DPR-RI, Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, DPMD Jawa Barat, Praktisi Desa, dan Akademisi. Tak hanya talkshow dan tanya-jawab, acara ini juga menyuguhkan aktivitas bazar dari berbagai UMKM, komunitas, dan NGO. YRE sendiri berkesempatan mengisi salah satu booth dengan membuat display untuk pengenalan program Hati Kalimalang yang disertai dengan pemutaran video dan interaksi langsung dengan para pengunjung.

8 November 2022