Forum Tarum Barat Juara Membuka 2023 dengan Rapat Kerja Pertama

Yayasan Rumah Energi (YRE) bersama President University menyelenggarakan rapat kerja pertama forum Tarum Barat Juara (TBJ) di kampus President University, Cikarang, Jawa Barat pada akhir Januari lalu. Agenda yang dibahas pada rapat kerja tersebut diantaranya adalah terkait hasil kajian kualitas air baku, menyepakati aksi intervensi yang akan dilaksanakan, rencana penanaman pohon, serta rencana pembangunan ruang edukasi di sekitar Siphon Cibeet.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari upaya untuk meningkatkan kualitas air di Saluran Tarum Barat atau Kalimalang melalui program “Melihat, Bekerja, dan Berbagi untuk Kalimalang” atau HATI Kalimalang. Rapat kerja ini dihadiri oleh anggota forum TBJ yang terdiri dari lintas unsur pentha-helix yaitu Perum Jasa Tirta II, Satuan Tugas Citarum Harum yang diwakili Dansektor 17 & Dansektor 20, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Patriot Desa Kabupaten Bekasi, President University, dan komunitas Save Kali Cikarang, serta Jangkar Ecovillage Kabupaten Bekasi.

Rapat kerja tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, yaitu forum TBJ akan melakukan kajian kualitas air baku yang akan rutin dikeluarkan setiap tahun. Selain itu, disepakati pula bahwa aksi intervensi yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 sebagai upaya pengawasan okupansi lahan dari bangunan liar, melalui kegiatan alokasi lahan sempadan untuk pembibitan dan penanaman pohon. Sedangkan, berkenaan dengan ruang edukasi direncanakan juga akan memuat papan informasi terhadap pentingnya sumber air baku Kalimalang sebagai sumber daya air untuk masyarakat Jakarta dan industri yang turut memanfaatkannya. Rapat kerja ditutup dengan penyerahan jaket yang secara simbolis menandakan bahwa akan ada kerja bersama untuk Kalimalang.

Ditulis oleh: Primagia Anugrah Lestari
Disunting oleh: Fauzan Ramadhan

14 Februari 2023