Pelatihan Pemanfaatan Eceng Gondok kepada Komunitas Bambu Kuning Desa Pasirsari

Pelatihan Pemanfaatan Eceng Gondok kepada Komunitas Bambu Kuning Desa Pasirsari ID

Salah satu indikasi terjadinya pencemaran Saluran Tarum Barat atau Kalimalang adalah tumbuh suburnya tanaman eceng gondok. Tidak terkendalinya pertumbuhan eceng gondok menyebabkan kerusakan ekosistem air dan menghambat laju aliran air, mengakibatkan sedimentasi yang menutup badan air, sehingga menurunkan pencahayaan dan oksigen di bawahnya. Setelah diselenggarakannya lokakarya bertajuk “Menggali Potensi Pemanfaatan Gulma Eceng Gondok di Kalimalang” pada April lalu, Yayasan Rumah Energi (YRE) melalui proyek Melihat, Berbagi, dan Bekerja untuk Kalimalang atau HATI Kalimalang berkolaborasi dengan Bening Saguling Foundation melakukan rangkaian kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Eceng Gondok.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas keterampilan kepada kelompok masyarakat dan melihat peluang ekonomi dalam pemanfaatan eceng gondok. Selain itu, pelibatan kelompok masyarakat dalam pengendalian pertumbuhan eceng gondok di Kalimalang juga diharapkan mampu mengurangi kerusakan ekosistem air dengan mengkonversi eceng gondok menjadi produk bernilai. Pelatihan ini menyasar kelompok masyarakat desa di sekitar Kalimalang yang tergabung dalam entitas Komunitas Bambu Kuning Desa Pasirsari, yang terdiri dari Kelompok PKK, Karang Taruna, Kelompok Tani, Kelompok Penggiat Lingkungan, dan kelompok masyarakat swadaya lainnya.

Pada rangkaian pelatihan tersebut dilaksanakan kegiatan pra-pelatihan yaitu proses pengambilan dan pemilahan, serta pengangkutan eceng gondok sebagai bahan baku. Kemudian peserta mengikuti pelatihan intensif selama empat hari dengan berfokus pada:

  1. Penguatan kapasitas keterampilan dalam pengolahan sampah organic menjadi pupuk kompos dan tepung pakan;
  2. Penguatan manajemen produksi dan manajemen dasar dalam mengakses pasar dan kemitraan.

Setelah rangkaian pelatihan tersebut, peserta akan mendapatkan layanan konsultasi dan pendampingan melalui Klinik Pendampingan Usaha yang akan difasilitasi oleh Bening Saguling Foundation sebagai upaya penguatan kepada kelompok usaha Komunitas Bambu Kuning Desa Pasirsari.

19 Juni 2023