Lokakarya Peningkatan Kapasitas Penerapan Tata Kelola Koperasi yang Baik dalam Proses Adaptasi Perubahan Iklim

01 Peningkatan Kapasitas Penerapan Tata Kelola Perubahan Iklim

Lokakarya bertajukPeningkatan Kapasitas Penerapan Tata Kelola yang Baik dalam Proses Adaptasi Perubahan Iklim” diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Energi (YRE) dalam rangka pelaksanaan Green Cooperative Adaptation Readiness (GENCAR). Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tata kelola yang baik bagi koperasi sebagai lembaga keuangan mikro yang berpotensi menggerakkan sektor ekonomi di tingkat tapak. Dalam kaitannya dengan Program Koperasi Hijau yang sedang dilaksanakan oleh YRE, koperasi memiliki peran penting sebagai agen perubahan iklim. Pada lokakarya yang digelar secara hybrid ini, juga dilakukan perancangan rencana kerja yang meliputi perubahan dan perbaikan SOP tentang proses kaderisasi pengurus yang lebih menitikberatkan pada aspek gender sensitive leadership. 

Pelaksanaan lokakarya dihadiri oleh perwakilan empat koperasi (KSU Gedong Songo Kabupaten Semarang, KSP Qaryah Thayyibah Salatiga, KSPPS Usaha Syariah Bersama Kabupaten Pati, dan KSPPS Tekun Syariah Mandiri Kab. Boyolali) di Jawa Tengah secara luring, dan sepuluh orang perwakilan koperasi dari luar Jawa Tengah hadir secara daring. Lokakarya ini dipandu oleh Ibu Naneth Priyono dan Bapak Arief Budiyanto, diawali dengan pemaparan konteks atau keynote speech oleh Ibu Rebekka Angelyn, Direktur Eksekutif YRE dan Ibu Danti Wulan Manunggal, Micro Finance Field Assistant Green Cooperative Adaptation Readiness (GENCAR) YRE. 

Lokakarya ini dilaksanakan secara interaktif dengan melibatkan keaktifan para peserta untuk mengidentifikasi masalah yang umumnya dialami koperasi. Hasil dari identifikasi tersebut, beberapa tantangan yang dihadapi secara umum adalah: keterbatasan SDM, keterbatasan modal, sistem manajerial koperasi, dan keterlibatan anggota. Kemudian, dari poin-poin yang telah teridentifikasi tersebut ditindaklanjuti dengan membahas bagaimana pemecahan masalah dan bagaimana pengambilan keputusan yang tepat. Tahapan identifikasi dan pemecahan masalah tersebut menjadi awalan bagi koperasi untuk menyelenggarakan tata kelola yang baik. 

Daring Peningkatan Kapasitas Penerapan Tata Kelola Perubahan Iklim
Daring Peningkatan Kapasitas Penerapan Tata Kelola Perubahan Iklim

Selanjutnya, berkaitan dengan konteks kesiapan dalam adaptasi perubahan iklim termasuk di dalamnya bagaimana penerapan untuk pengarusutamaan gender di koperasi, lokakarya seri kedua akan dilaksanakan pada 23 September 2023 dengan temaPengarusutamaan Gender Equality & Social Inclusive (GESI) dalam Tata Kelola Koperasi“. Lokakarya kedua tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran kepada koperasi terkait bagaimana pentingnya GESI dalam kelembagaan koperasi, dan bagaimana GESI dalam Koperasi Hijau dalam kerangka kesiapan adaptasi perubahan iklim. 

18 September 2023